Minggu, 14 Oktober 2018

Tips Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan

Tips Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan.- Memasuki pertengahan bulan Oktober, Jakarta diguyur hujan. 

Prediksi musim hujan ini juga sempat disampaikan oleh Badan Meteorologi dan Geofisika beberapa waktu yang lalu.

Karena itu, memasuki musim hujan, ada baiknya Anda bersiap-siap untuk menghadapi berbagai penyakit "klasik" yang kerap diderita saat musim hujan. Salah satunya adalah flu, batuk, dan demam.

Mengutip Asia One pada Jumat (19/10/2018), ada beberapa tips sederhana untuk tetap sehat sekalipun memasuki musim hujan. Apa saja triknya?

1. Selalu membawa payung
Basah gara-gara hujan menyebabkan perubahan yang tiba-tiba pada suhu tubuh. Hal ini menyebabkan Anda rentan terkena demam dan pilek. Untuk itu, bawalah payung atau jas hujan ke mana pun bepergian.

2. Jagalah asupan nutrisi
Tetap mengonsumsi makanan sehat adalah cara mudah untuk melindungi Anda dari penyakit. Cobalah memasak sup panas yang menghangatkan sekaligus menyegarkan tubuh. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Cuci tangan secara menyeluruh
Mencuci tangan dengan teratur dan menyeluruh merupakan cara yang baik dalam mencegah penyebaran virus dan bakteri. Cuci tangan dengan menggunakan sabun di antara jari-jari, bawah kuku, dan bagian atas tangan. Setelah itu, bilas dan keringkan tangan secara menyeluruh juga.

4. Minum banyak air
Konsumsilah air hangat lebih banyak. Air hangat akan meningkatkan sirkulasi darah yang mengarah ke sistem kekebalan yang kuat dan melindungi tubuh dari infeksi dan alergi.

5. Hindari bepergian di jam sibuk
Hujan yang datang tiba-tiba bisa membuat perjalanan menjadi lebih sulit. Hindarilah jam-jam kemacetan yang bisa membuat Anda terjebak dalam hujan yang mungkin datang tiba-tiba. Cobalah untuk berangkat lebih awal di pagi hari, atau bicarakan dengan atasan untuk menyesuaikan jadwal.

6. Siapkan pakaian cadangan
Pakaian yang basah mengundang virus ke dalam tubuh. Ini jelas menyebabkan penyakit lebih mudah menghampiri. Bawalah pakaian tambahan di kantor selama hari hujan.

7. Pantau prakiraan cuaca
Tetaplah memantau prakiraan cuaca di media-media seperti radio, televisi, dan juga situs-situs lainnya. Mungkin Anda butuh pembaharuan informasi cuaca dan juga lalu lintas untuk menghindari hujan atau banjir.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar