Senin, 06 Agustus 2018

Lindungi Usus Dari Stres Dengan Makanan Berserat Tinggi

Lindungi Usus Dari Stres Dengan Makanan Berserat Tinggi.- Umumnya seseorang yang sedang mengalami stres berat akan memiliki nafsu makan yang tinggi. 

Meskipun begitu, ada baiknya kita tetap bisa menjaga dan memilih makanan sehat. Hal itu bertujuan agar tidak memperburuk kondisi dan kesehatan tubuh.

Melansir dari laman Bustle pada Senin (4/8/2018), ternyata mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu melindungi usus dari efek stres. Sebelumnya penelitian menunjukkan bahwa stres dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada kesehatan usus dan otak.

Selain itu, stres dapat mengakibatkan risiko yang buruk bagi kesehatan hingga dapat menyebabkan gangguan dalam berperilaku dan kesehatan mental. Kesemasan dan depresi dapat memicu gangguan usus seperti iritasi pada usus. Terdapat bukti lainnya yang mengungkapkan bahwa stres pun dapat memicu gen yang menyebabkan penyakit celiac.

Jaga Dinding Usus Tetap Sehat

Studi yang ditulis oleh para ilmuwan dan dimuat dalam The Journal of Physiology mengungkap, senyawa makanan yang terkandung dalam makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran mampu merangsang produksi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak tersebut membantu meningkatkan ketahanan di dinding usus. Hal itu mampu mencegah dan membalikkan sindrom usus bocor yang terjadi ketika lubang mikroskopis muncul disepanjang dinding usus akibat stres berlebih.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan berserat tinggi memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah makanan tersebut dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Mereka juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker usus. Selain itu, makanan tersebut mampu melindungi usus dari efek stres yang dirasakan seseorang.

Dengan menjaga dinding usus tetap kuat dan utuh maka hal tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan dan penyakit yang disebabkan oleh stres. Oleh karena itu, penting untuk seseorang mengonsumsi makanan berserat tinggi.  sumber : https://www.liputan6.com/health/read/3610075/makanan-berserat-tinggi-lindungi-usus-dari-stres

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar